JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan usulan pembentukan panitia khusus (pansus) terkait pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sudah disampaikan kepada pimpinan DPRD DKI pekan ini. Gembong berharap pansus menyelesaikan perdebatan soal JIS.


Kami akan mengirimkannya ke pimpinan dewan minggu ini sehingga kami dapat menindaklanjutinya. Mudah-mudahan ini bisa menyelesaikan perdebatan yang ada di masyarakat," kata Gembong saat rapat di gedung DPRD DKI Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (17 Juli 2023).

Gembong mengatakan, usulan tersebut bukan berasal dari panitia melainkan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Gembong mengatakan perlu dibentuk pansus untuk menyelesaikan perdebatan pembangunan JIS secara transparan.


Melalui pansus, DPRD juga akan mencari tahu apa yang menyebabkan JIS tidak memenuhi standar FIFA, ujarnya. Gembong menegaskan, keberadaan pansus tidak politis. Pansus hanya menangani masalah teknis terkait pembangunan JIS.


"Ini murni pembahasan teknis, soal pembangunan JIS. Ini perlu dibahas di pansus karena biayanya lebih dari 4 triliun rupiah," ujarnya.


Gembong melanjutkan, pihaknya akan berupaya mendorong pengajuan pansus melalui kader yang disebar di masing-masing pansus jika tidak membuahkan hasil.


“Misalnya, kami perintahkan anggota fraksi dari lima pansus untuk mencoba meminta pimpinan masing-masing pansus untuk menyusun penilaian terhadap SKPD terkait,” ujarnya.


Kontroversi Stadion Internasional Jakarta (JIS) yang wilayahnya disebut tidak memenuhi standar FIFA, hingga munculnya pernyataan dari konsultan Buro Happold membuat publik heboh. Buro Happold adalah salah satu pihak yang terlibat dalam pengembangan JIS.


Dalam keterangan resmi yang dilihat detikcom, Buro Happold menjelaskan perannya dalam proyek tersebut.


“Konsultindo (Jakkon) di Jakarta meminta Buro Happold untuk mengembangkan pedoman desain dan memberikan layanan konsultasi antara Desember 2018 hingga Maret 2019,” kata keterangan resmi, Minggu (9/7).


“Selama pembuatan pedoman, perusahaan memastikan bahwa semua aspek desain yang terkait dengan standar FIFA terpenuhi,” lanjutnya.


Buro Happold mengatakan bahwa beberapa aspek tidak sesuai dengan filosofi mereka. Menurut Buro Happold, hal ini telah dikomunikasikan kepada para eksekutif proyek.


"Temuan tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang tidak sesuai dengan pedoman konsep desain asli Buro Happold. Buro Happold telah menyerahkan temuan ini dalam surat terpisah," kata pernyataan resmi tersebut.


Tanggapan Anies terhadap JIS


Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Presiden Aliansi Perubahan (KPP), berbagi pandangannya tentang JIS. Anis mengaku tidak berhubungan seks.


"Oh ya,saya tidak pilih- pilih", ujar Anis dekat bandar Sueta Tangerang Banten,Rabu (7/12).(SN)