Solo,Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong malah menampakkan rasa waswas ketika ditanya soal kemampuan skuad Garuda Muda bersaing di Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 memastikan bakal tampil untuk kali pertama di kejuaraan kelompok umur tahun depan di Qatar setelah menjadi juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan atas Taiwan dan Turkmenistan membawa Rizky Ridho dan kawan-kawan berlaga di turnamen level kontinental.

Seiring langkah maju yang dilakukan bersama anak asuhnya, justru muncul pertanyaan dari diri Shin sendiri mengenai kemampuan Timnas Indonesia U-23 bersaing. Shin ragu lantaran belum mengetahui ketersediaan pemain pada laga yang akan berlangsung April 2024 tersebut.

"Saya tidak berani bicara kita cukup bisa bersaing [atau tidak] di Piala Asia nanti. Masalahnya seperti Ivar [Jenner] yang ada di samping saya, dan Rafael [Struick] atau [Pratama] Arhan, pemain di luar negeri ya. Apakah bisa dipanggil atau mungkin besa dilepas dari klub atau tidak," kata Shin dalam konferensi pers usai laga Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan.

"Itu yang sangat penting di April tahun depan nanti. Jika bisa dipanggil semuanya, maka saya berani dan yakin untuk menantang merebut Piala Asia," ucapnya melanjutkan.

Saat ini di Timnas Indonesia U-23 terdapat lima pemain yang merumput di luar negeri yakni Ivar, Rafael, Arhan, Marselino Ferdinan, dan Elkan Baggott. Sementara pada April, klub-klub masih berlaga di kompetisi dalam negeri masing-masing.

Sedangkan untuk pemain-pemain yang membela klub-klub dalam negeri, manajer Timnas Indonesia U-23 Endri Erawan sempat menyatakan PSSI akan membangun komunikasi dengan kesebelasan-kesebelasan agar bisa mendapat izin memakai pemain yang diperlukan untuk Piala Asia U-23.(SS)