Penobatan Raja Charles III akan dilakukan di Westminster Abbey, London, Inggris, besok Sabtu (6/5/2023). KOMPAS TV akan menyiarkan secara langsung tradisi yang sudah berlangsung selama 1.000 tahun ini, besok sore mulai pukul 15.00 WIB.

Momen ini terbilang bersejarah, sebab akan disaksikan oleh ratusan jutaan mata di berbagai belahan dunia.

Sebenarnya, Charles III sudah resmi jadi Raja Kerajaan Inggris Raya, namun upacara penobatannya yang megah dan berbiaya mahal tetap digelar.

Seperti yang dilaporkan oleh Associated Press pada Rabu (3/5), kemegahan, kerumitan, dan simbolisme tradisi yang sudah berlangsung selama lebih dari 1.000 tahun akan menjadi saksi pelantikan raja baru ini. Akan tetapi, penobatan raja ini akan menampilkan tradisi baru dan perubahan dari penobatan ibunya, Ratu Elizabeth II, 70 tahun lalu.

Charles secara otomatis naik takhta setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. Ia secara resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris dua hari kemudian dalam upacara naik takhta yang disiarkan untuk pertama kalinya di televisi.

Charles mengatakan, "Saya sangat sadar akan warisan besar ini dan tanggung jawab berat kedaulatan yang kini jatuh kepadaku".

Bersamaan dengan itu pertandingan Liverpool vs Brentford itu akan digelar pada hari yang sama saat penobatan Raja Charles III yang digelar di Westminster Abbey, London, Inggris, Sabtu (6/5/2023).

Untuk menandai penobatan Raja Charles III, Liverpool akan mengumandangkan lagu kebangsaan God Save the King saat menjamu Brentford di Anfield.

Sebelumnya, untuk menandai penobatan tersebut, Premier League telah meminta klub-klub untuk memainkan lagu kebangsaan God Save the King meski tidak mewajibkannya.

Dan pada Jumat (5/5/2023), The Reds akhirnya memutuskan ikut bersama tim-tim Premier League lainnya untuk memainkan lagu kebangsaan meskipun bakal menjadi kontroversi bagi sebagian pendukung Liverpool.

"Sebelum kick-off dan sebagai pengakuan atas permintaan Liga Premier untuk menandai penobatan, para pemain dan ofisial akan berkumpul di sekitar lingkaran tengah ketika lagu kebangsaan akan dimainkan," tulis pernyataan dari Liverpool.

“Ini, tentu saja, adalah pilihan pribadi bagaimana orang-orang di Anfield pada hari Sabtu menandai kesempatan ini dan kami tahu beberapa suporter memiliki pandangan yang kuat tentang itu.”

Tidak ada persyaratan hukum untuk penobatan, apalagi monarki Eropa lainnya telah menghilangkan upacara ini. Namun, acara yang sangat religius dan penuh dengan atribut ini adalah konfirmasi yang lebih formal atas peran Charles sebagai kepala negara dan kepala gereja Inggris dan dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa otoritas raja berasal dari Tuhan.

Selama upacara yang dipimpin oleh pemimpin spiritual gereja, yaitu Uskup Agung Canterbury, Charles akan diurapi dengan minyak, menerima simbol-simbol tradisional raja, termasuk bola dunia dan tongkat kerajaan, dan mahkota St Edwards akan ditempatkan di atas kepalanya untuk pertama kalinya. Camilla, istri Charles, akan dinobatkan sebagai permaisuri.

Upacara penobatan telah berlangsung sejak abad pertengahan, dan sebagian besar dari itu tetap tidak berubah. Westminster Abbey telah menjadi tempat ritual penobatan ini sejak William Sang Penakluk dinobatkan pada tahun 1066.